Selasa, 27 Juli 2010

MEMBIDIK PASAR JURNALIS

MEMBIDIK PASAR JURNALIS yahh begitulah tema diskusi kemaren pada acara pameran Kelangan alon2 bertempat di gedung bentara budaya yogyakarta.
Diskusi tersebut disi oleh bpk  Oscar Siagian dan Ulet Ifansasti.. beliau adalah photografer jurnalis berstatus freelance. Freelance?
Teman2 pasti bertanya-tanya freelance jurnalis maksudnya apa? Jadi beliau berdua adalah fotografer jurnalis yang tidak terrikat oleh suatu institusi artinya mendapatkan royalti jika memberikan informasi foto/berita yang tlah disetujui oleh sebuah institusi berita atau bisa juga menjual foto lewat agensi. Menarik? ya cukup menarik karena tidak direpotkan oleh waktu trus dan trus bekerja. Penghasilannya bagaimana tu? klo itu tanya aja sama orangnya deh hhee,, setau aku kemaren dibilang lumayan gede lah karena dibayar dengan kurs dollar $500 untuk blalala dan blalla haaa,,, ingat sedikit ceritanya mas oscar kanya dalam satu tahun dapet 3 job lumayan untuk hidup setahun hooo,,, jadi brape tu penghasilnya idontnow lahh haaa,,Saya juga bingung mau nulis apa disini hanya pengen tulas tulis aja lah biar heppii soalnya lagi boseninn cuanya anget banget mlm nehh jadi curhat dah.
Yang pasti jika teman2 ingin serius di dunia photography semua ada jalan untuk mendapatkan uang ga mesti harus jadi wartawan, rugi kan punya kamera tapi cuma jempratjempret doang ga ada hasil ayolahh idealis boleh untuk sebuah foto tapi apa salah jika mencari uang dengan keahlian kita tohh juga uangnya lumayan juga buat nambah2 peralatan kamera haaa,, asyikkk banyak jalan menuju roma
Ayoolah smangat mari kita jadi photojumper heee.. 

Tidak ada komentar: